3 Tahap Perencanaan Strategi untuk Bisnis

3 Tahap Perencanaan Strategi untuk Bisnis
Strategi merupakan salah satu aspek yang penting dan diperlukan oleh setiap jenis perusahaan baik yang bergerak dalam bidang produksi, dagang, maupun jasa.
Strategi dapat diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjang dari perusahaan tersebut.
Oleh sebab itu, sebelum merencanakan suatu strategi, perlu direncanakan terlebih dahulu tujuan jangka panjang dari perusahaan tersebut.

Tujuan

Tujuan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu tujuan periodik dan tujuan jangka panjang.
Tujuan periodik atau “Annual Objectives” adalah tujuan yang ingin dicapai perusahaan pada setiap periodenya, dimana biasa lama 1 periodenya adalah 1 tahun.
Tujuan jangka Panjang atau yang sering disebut sebagai “Long Term Objectives” dapat diartikan sebagai hasil yang diharapkan dari suatu perusahaan dengan melakukan strategi tertentu yang telah direncanakan.
Jangka waktu dari tujuan jangka panjang perusahaan sendiri haruslah panjang dan konsisten, misalnya 2 sampai 5 tahun.
Perencanaan tujuan perusahaan menjadi sangat penting karena berfungsi untuk menentukan arah perusahaan kedepannya.
Tanpa tujuan yang jelas, arah perusahaan menjadi tidak terarah dan keberlangsungan perusahaan kedepannya menjadi tidak jelas pula.
“Kunci utama untuk sukses dalam bisnis adalah kerja keras.” Tentunya kalian sudah sering mendengar kalimat ini.
Hanya saja, kerja keras saja tidak cukup. Karena, tanpa tujuan yang jelas pada akhirnya akan membuat kerja keras anda menjadi sia-sia.
Memang, kesuksesan yang terjadi karena ketidaksengajaan memang ada, tetapi kasusnya sangat jarang dibanding kesuksesan yang dicapai dengan kerja keras untuk mencapai tujuan.
Oleh sebab itu, tujuan jangka perusahaan sangat penting, dan berikut ini adalah karakteristik dari tujuan perusahaan yang baik:
  1. Bersifat kuantitatif
  2. Dapat diukur
  3. Realistis
  4. Dapat dimengerti
  5. Menantang
  6. Hierarkis
Maksud dari kuantitatif seperti yang sudah kalian semua ketahui adalah tujuan perusahaan tersebut harus menggunakan angka-angka atau model-model matematis.
Dimana, tujuan utamanya adalah agar tujuan dari perusahaan tersebut dapat diukur.
Dengan dapat diukurnya tujuan perusahaan ini, membuat perusahaan dapat mengevaluasi dan memperbaiki kinerja perusahaan tersebut untuk kedepannya.
Tujuan yang dibuat juga harus realistis, maksudnya tujuan tersebut dapat dicapai, bukanlah sesuatu yang sifatnya mustahil.
Selain itu, tujuan yang dibuat juga harus mudah dimengerti oleh pembacanya, agar tidak dapat menimbulkan tafsiran ganda yang membingungkan.
Oleh sebab itu juga, tujuan perusahaan bersifat kuantitatif karena sifatnya yang lebih pasti dan tidak menimbulkan tafsiran ganda.
Tujuan yang dibuat juga harus menantang agar dapat membuat anda menjadi semakin termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.
Karena jika anda hanya memiliki tujuan yang mudah untuk dicapai, dapat membuat anda malas untuk mencapai tujuan tersebut.
Namun, jika anda mempunyai tujuan yang menantang dan sangat sulit untuk dicapai, akan membuat anda lebih termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.
Misalkan pada akhirnya anda tidak berhasil mencapai tujuan tersebut, tetapi minimal anda telah berusaha keras sampai titik tertentu.
Selain itu, tujuan juga harus dibuat secara hierarkis. Maksudnya susunan dari tujuan tersebut harus disusun secara benar.
Jadi, tujuan yang dicapai harus disusun dari mana yang harus dicapai terlebih dahulu, lalu diikuti dengan tujuan-tujuan yang lainnya.
Terdapat 11 tipe strategi yang dapat perusahaan gunakan untuk mencapai tujuannya tersebut.
Untuk lebih jelas mengenai 11 tipe strategi yang dapat perusahaan gunakan untuk mencapai tujuannya tersebut dapat dilihat di: 11 Tipe Strategi untuk Mencapai Tujuan Perusahaan
Setelah diketahui tujuan yang ingin dicapai perusahaan dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, maka baru dapat dilakukan perencanaan strategi yang terdiri atas 3 tahap yaitu Strategy Formulation, Strategy Implementation, dan Strategy Evaluation.

Strategy Formulation

Strategy Implementation

Strategy Evaluation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.